Beberapa Cara Posisi Tidur

Beberapa Cara Posisi Tidur

Ketika kita sudah mulai lelah setelah bekerja seharian, diperlukan istirahat yang optimal untuk memeulihkan otot-otot yang sudah kaku, dengan cara tidur yang baik dan benar agar badan kita bisa oulih dari capek. beberapa orang banyak yang menderita nyeri punggung, sakit leher dan tidak dapat merasakan tidur yang nyeyak diakibatkan posisi tidur yang salah.

Selain itu, kelainan tulang belakang dapat mengganggu fungsi saraf dalam tubuh hingga menyebabkan lambatnya penyembuhan terhadap nyeri punggung, malfungsi organ dan tantangan sistem kekebalan tubuh.

 


1. Telentang

Keuntungan: Posisi ini bagus untuk menyeimbangkan berat tubuh ketika tidur, menjaga organ internal tetap selaras pada tempatnya dan mencegah sakit leher serta punggung. Hanya saja pastikan untuk menempatkan bantal di bawah lutut sebagai penyanggah untuk membantu menjaga tulang punggung tetap sejajar.

2. Tengkurap
Keuntungan: Bagi penderita sakit punggung, sesekali tidur tengkurap bisa meringankan tekanan pada tulang punggung dan belakang Anda. Selain itu posisi ini juga membuat Anda lebih cepat dan nyenyak tidur.

Kerugian: Merupakan posisi tidur yang paling berisiko di antara posisi lainnya. Kenapa? Menurut Jonathan FitzGordon, spesialis kesehatan tulang di New York City, "Tidur tengkurap bisa memipihkan lekukan alami pada punggung bagian bawah dan secara otomatis membuat kepala Anda menyamping ke kanan atau kiri sepanjang malam. Hal itu bisa mengganggu tulang belakang pada leher Anda."

3. Tengkurap

Keuntungan: Bagi penderita sakit punggung, sesekali tidur tengkurap bisa meringankan tekanan pada tulang punggung dan belakang Anda. Selain itu posisi ini juga membuat Anda lebih cepat dan nyenyak tidur.

Kerugian: Merupakan posisi tidur yang paling berisiko di antara posisi lainnya. Kenapa? Menurut Jonathan FitzGordon, spesialis kesehatan tulang di New York City, "Tidur tengkurap bisa memipihkan lekukan alami pada punggung bagian bawah dan secara otomatis membuat kepala Anda menyamping ke kanan atau kiri sepanjang malam. Hal itu bisa mengganggu tulang belakang pada leher Anda."

Berikut diatas merupakan contoh dari posisi tidur, ada keuntungan dan kerugian dari masing-masing posisi tidur. sebaiknya anda mengagati-ganti dalam posisi tidur agar tidak sakit leher maupun tulang anada.


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Deni Hrdianto Deni, Published at 5:38 AM
Copyright © 2013 Kesehatan Kita | Partner Kesehatan kita And Kesehatan kita