Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Berpuasa

Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Berpuasa

Di saat bulan ramadha datang dan saat itu ketika menjalankan ibadah puasa, kita banyak mengalami perubahan dalam pola hidup maupun aktifitas yang kita kerjakan di saat bulan puasa ini. Dan untuk menjaga kebugaran tubuh di saat kita sedang menjalankan aktifitas di bulan ramadhan ini, agar aktifitas yang kita jalan kan di bulan puasa ini tetap normal seprti hari-hari biasa, kita wajib menjalankan pola puasa yang sehat. terutama pola makan saat kita sedang sahur atau berbuka sebaiknya memilih pola makanan yang sehat agar kebugaran fisik kita tetap terjaga.




  
Berikut ini tips menjaga kebugaran tubuh di saat berpuasa:
Perbanyak makan buah dan sayur

Cukupi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi buah dan sayur ketika sayur dan berbuka. Sayur dan buah-buahan akan memberikan banyak energi ketika Anda tidak makan selama berpuasa. Makanlah mendekati waktu imsak agar lebih tahan selama berpuasa. Tidak dianjurkan untuk tidur setelah sahur karena akan menghambat metabolisme dalam tubuh.

Cukupi kebutuhan air putih

Ketika puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Karenanya ketika sahur dan berbuka harus  banyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang tersebut. Jangan biasakan minum minuman energi ketika puasa, baiknya minum minuman alami seperti air kelapa untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Pilih menu sehat untuk sahur dan berbuka

Langkah yang tepat untuk menjalani puasa sehat yaitu dengan membuat daftar menu makanan sehat untuyk sahur dan berbuka. Hali ini akan mempermudahkan ketika akan menentukan menu apa yang akan dikonsumsi. Tentunya menu ini harus sehat dan memiliki gizi yang tinggi agar mampu memenuhi kebutuhan energi selama puasa. Sebaiknya hindari mengonsumsi junkfood ketika sahur dan berbuka. Junkfood memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan, apalagi saat puasa. Hindari juga terlalu banyak minum es ketika berbuka. Meskipun es dapat menghapus rasa dahaga dengan cepat, namun es dapat memperlambat sistem sirkulasi darah dalam tubuh sehingga membuat Anda pusing.

Cukup Waktu Tidur

Tidur malam juga adalah hal penting yang harus anda perhatikan salam menjaga kesehatan di bulan puasa. Tidur malam yang baik diperlukan untuk bisa memastikan keseimbangan tubuh anda untuk aktivitas di hari berikutnya. Tapi, jika anda merasa kurang cukup tidur. Gunakan waktu siang untuk tidur,tapi jangan sampai hal itu menganggu aktitas anda di siang hari.

Berolahraga

Cara menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah olahraga. Olahraga berfungsi untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh anda bisa terjaga. Olahraga yang dilakukkan tidak perlu terlalu berat, minimal jalan santai yang biasanya banyak dilakukkan orang setelah sahur.

Konsultasi ke Dokter

Jika anda punya masalah kesehatan, anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter. Konsultasikan tentang keluhan adna, dan minta tips kepada dokter bagaimana pola makan yang cocok, serta bagaimana agar anda bisa menjalankan puasa dengan baik. Dengan begitu, tujuan anda untuk menjaga kesehatan di bulan puasa akan tercapai.

Demikian tips menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, lakukan dengan tepat dan rutin, maka anda akan bisa menjaga kebugaran tubuih disaat berpuasa.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Deni Hrdianto Deni, Published at 4:56 AM
Copyright © 2013 Kesehatan Kita | Partner Kesehatan kita And Kesehatan kita