Manfaat Buah Bengkoang

Manfaat Buah Bengkoang

Hallo sahabat semua, selamat berjumpa lagi diartikel kami selanjutnya, disini saya akan mengupas tentang manfaat buah bengkoang bagi kesehatan. Ternyata buah yang satu ini sering kita jumpai dipasar-pasar kalau sobat semua sering berbelanja dipasar. Selain rasanya yang segar karena banyak mengandung airnya buah ini juga banyak manfaat atau khasiatnya bagi kesehatan.

Buah Bengkoang mengandung air yang cukup banyak sehingga baik untuk membantu suplai cairan dalam tubuh. Kandungan cairan yang tinggi dalam bengkoang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes dan anda yang sedang berdiet. Manfaat bengkoang untuk kesehatan yang lain akan di bahas nanti. Umbi yang memilki nama ilmiah Pachyrhizus erosus ini mempunyai rasa yang segar dan juga manis. Rasa manis yang dalam bengkoang ini berasal dari oligokasarida yang disebut inulin.

Manfaat bengkoang di dapat dari Kandungan gizi yang cukup beragam di dalamnya, antara lain energi, protein, lemak, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, vitamin B1, dan vitamin C. Bahkan dalam penelitian terhadap 100 gr bengkoang mengandung kandungan gizi sebagai berikut Vitamin B1 0,04 mg, Vitamin C 20 mg, Energi 55 kkal, Zat Besi 1 mg, Protein 1,4 gr, Lemak 0,2 gr, Karbohidrat 12,8 gr, Kalsium 15 mg dan Fosfor 18 mg.

 

 


 Manfaat buah bengkoang

Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan:

 
  • Mengatasi masalah asam lambung

Sifat alkali pada bengkoang berfungsi sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengan cepat. Asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan mag, sehingga ada baiknya bila anda mengkonsumsi bengkoang. Dan lebih baik lagi jika anda makan bengkoang tanpa campuran, misalnya dengan garam atau sambal.

  •  Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes atau kencing manis

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa bengkoang memilki rasa manis yang berasal dari inulin. Inulin tidak bisa dicerna oleh enzim dalam usus manusia sehingga dapat menjaga kadar gula dalam tubuh meskipun rasanya manis. Karena sifat yang tidak tercerna tersebut inulin baik dikonsumsi penderita diabetes. Namin biasanya bengkoang bagi penderita diabetes diambil sarinya saja.

  • Memperlancar pencernaan

Inulin dalam bengkoang memilki sifat sebagai serat makanan, sifat ini berpengaruh terhadap fungsi usus dan juga perbaikan parameter dalam darah. Sebagai serat makanan, inulin dapat meningkatkan massa feses serta meningkatkan frekuensi defekasi terutama bagi penderita konstipasi. Adapun perbaikan parameter lemak dalam darah yaitu penurunan kadar triliserida serum dan juga kolesterol darah pada penderita hypercholerolemia.

  • Dapat mengobati sariawan dan sebagai antioksidan

Bengkoang juga mengandung cukup banyak vitamin C sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh anda, dan sebagai antioksidan maupun untuk obat untuk sariawan. Selain itu, bengkoang juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda.

  • Menghilangkan noda hitam dan flek pada wajah

Selain dikonsumsi bengkoang juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Kandungan air yang banyak di dalamnya mampu membuat kulit wajah anda tetap segar serta menghilangkan noda hitam atau flek pada wajah anda. Caranya pun cukup mudah, anda tinggal mengupas bengkoang lalu diparut atau dihaluskan kemudian dibalurkan ke wajah anda.

  • Menyehatkan tulang dan gigi

Bengkoang juga mengandung fosfor dan kalsium yang sangat baik utnuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kebutuhan akan kalsium dan fosfor dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi bengkoang. Akibat kekurangan fosfor maka anda akan menjadi lemah serta nafsu makan menjadi berkurang.

  •  Mengurangi efek manopause

Bagi wanita yang mengalami menopause biasanya akan mengalami kerutan, keriput dan penuaan kulit. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut maka tubuh membutuhkan fitoestrogen, dan bengkoang mengandung fitoestrogen. Mengkonsumsi fitoestrogen yang cukup dapat membuat kulit anda tetap sehat dan segar.

Diatas adalah manfaat dari buah bengkoang yang baik bagi kesehatan dan rasanya yang begitu segar yang sangat mudah kita dapatkan dipasar-pasar, selamat mencoba khasiat dari buah bengkoang ini, terimaksih.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Deni Hrdianto Deni, Published at 10:20 PM
Copyright © 2013 Kesehatan Kita | Partner Kesehatan kita And Kesehatan kita