Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Mentimun adalah buah yang sering kita jumpai dipasar, buah yang terkadang buat campuran sebagai sayuran ini ternyata banyak manfaat dan khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.Khasiat dari buah yang satu ini sangatlah luar biasa, tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya, oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membagikan artikel mengenai Khasiat buah mentimun ataupun buah Timun, sebenarnya ada banyak banget manfaat yang terkandung dalam buah ini.

Buah Mentimun yang rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium ini juga sumber yang baik dari vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor dan magnesium. Sementara itu juga tinggi kalium, folat, karbohidrat, seng, Vitamin C dan Vitamin K. Semua nutrisi ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan dapat mengobati penyakit dan meningkatkan proses dalam tubuh.

 

 


Manfaat buah mentimun bagi kesehatan:

  • Sayuran hijau segar ini juga mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ini adalah 3 lignan sangat terkait dengan pengurangan risiko mengembangkan beberapa jenis kanker seperti kanker payud*ra, kanker usus, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat. Ketika kita mengkonsumsi lignan, bakteri yang ditemukan di saluran pencernaan akan ditangkap oleh lignan ini, dan diubah menjadi enterolignans. Enterolignans ini mengikat ke reseptor estrogen, untuk mengurangi estrogen penyakit seperti terkait kanker.

  • Baik untuk mendukung kesehatan gigi dengan mencegah timbulnya bau mulut. Fitokimia yang ada dalam sayuran ini akan mematikan bakteri penyebab bau mulut. Ambil seiris mentimun dan tekan-tekan ke langit-langit mulut dengan lidah Anda selama 30 detik. Fitokimia akan mematikan bakteri penyeba bau mulut. Mentimun mentah dapat meningkat air liur, dan membawa netralisasi asam dan alkali dalam rongga mulut. Jus sayuran ini juga efektif mengobati penyakit gusi.

  • Sayuran ini juga mengandung Vitamin K , dimana yang sangat penting untuk memperkuat tulang dengan mempromosikan aktivitas orthotropic. Tingginya silika juga bermanfaat bagi kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat. Juga merupakan sumber kalsium yang baik, sehingga cocok untuk diet vegan. Mengkonsumsi cukup kalsium juga akan menjaga tubuh keseimbangan hormon dengan mengendalikan pelepasan hormon.

  •  Memiliki sifat diuretik ringan karena kandungan kalium dan kadar air yang tinggi. Juga  mengandung mangan dan serat yang bermanfaat mengatur tekanan darah, baik darah tinggi dan tekanan darah rendah. Uap yang dihasilkan saat mendidihkan mentimun bisa dihirup untuk pereda stres, menenangkan dan melemaskan otot-otot dan indera.

  • Ketimun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan mabuk dan sakit kepala. Hal ini karena mereka membantu rehidrasi nutrisi tubuh, serta menghilangkan racun dari asupan alk*hol. Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur, vitamin B dan elektrolit dalam sayuran ini akan mengurangi intensitas mabuk dan sakit kepala.

  • Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.

  • Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung, gastritis dan bahkan tukak lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun. Enzim yang disebut Erepsin dalam ketimun juga membantu dalam pencernaan protein.

  •  Juga memiliki atribut penyembuhan bagi kondisi yang ada kaitannya dengan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.

  •  Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram .Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Menkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis.

Nahh, diatas merupakan manfaat buahmentimun yang banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita, solahkan anda mencoba manfaat buah mentimun ini. selalau jaga kesehatan anda.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Deni Hrdianto Deni, Published at 11:37 PM
Copyright © 2013 Kesehatan Kita | Partner Kesehatan kita And Kesehatan kita