Pencegahan Penyakit Diabetes

Pencegahan Penyakit Diabetes

Selamat malam sobat yang barbahagia semua dan selalau diberikan kesehatan, kali ini saya akan membagi tips cara mencegah penyakit diabetes dan bahaya tentang penyakit diabetes itu sendiri. Penyakit diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang diakibatkan oleh gangguan dalam metabolisme tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin yang sesuai kebutuhan tubuh. Tingginya kadar gula pada darah, maka kurangnya manfaat gula untuk tubuh anda sebagai sumber energi.

Faktorr penyebab penyakit diabetes itu sendiri juga disebabkan karena faktor keturunan, kegemukan, diet, malas beraktifitas, minuman teh manis, stres atau terlalu tegang, kurang tidur, suka ngemil, merokok dan gaya hidup yang kurang baik. maka kita harus menghidari hal-hal yang tidak baik itu.


 



Dibawah ini merupakan yips atau cara mencegah penyakit diabetes:

Kurangi Berat Badan
80% diabetes dialami oleh kelebihan berat badan. Di sebuah penelitian oleh para ahli mengatakan bahwa orang dewasa yang kegemukan, mengurangi resiko diabetes mereka sebesar 16% untuk setiap kilogram berat badan yang hilang. Jadi, upayakan berat badanmu dalam kisaran normal.

Hindari Merokok
Selain berhubungan dengan diabets atau kencing manis, merokok juga dapat memicu munlunya penyakit jantung dan kenker paru-paru. Dan merokokpun dapat menurunkan kemampuan tubuh kita untuk memanfaatkan hormon pengatur kadar gula darah.Para perokok lebih mungkin mengembangkan penyakit diabetes sebanyak 50% dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok. Perokok berat memiliki risiko yang lebih tinggi lagi. Jadi berhentilah merokok segera agar terhindar dari risiko penyakit diabetes ataupun masalah kesehatan lainnya.

Kurangi stres
Para ahli percaya bahwa stres memiliki hubungan dengan meningkatnya gula darah sehingga dapat mengembangkan risiko diabetes. Oleh sebab itu, hindari hal-hal yang menyebabkan anda stres. Jikalau anda sedang dilanda stres, carilah solusi untuk mengatasi hal tersebut secepatnya, bisa dengan olahraga seperti renang atau mengonsumsi makanan-makanan yang dapat meredakan stres.

Tidur cukup
Tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup akan meningkatkan rasa lapar, yang mengarah ke penambahan berat badan, dan selanjutnya meningkatkan risiko terkena diabetes. Tidurlah setidaknya 7 jam per malam.

Porsi Makan yang Cukup
Saat makan cobalah untuk menseleksi makanan mana yang terbaik untuk anda makan, dan jangan terlalu berlebihan saat makanan. Dan cobalah untuk mengatur waktu makan anda seperti, 3 kali sehari.

Sering-sering Olahraga
Dengan melakukan aktivitas ini maka kadar gula yang ada di dalam tubuh anda, akan membantu untuk mengantarkan glukosa ke bagian-bagian tubuh yang memerlukan energi.
Aktivitas fisik dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik atau aktivitas fisik semacamnya dapat membantu mengendalikan diabetes. (ADA) American Diabetes Association merekomendasikan untuk latihan aerobik ringan seperti senam atau tenis setengah jam setiap kali latihan, 5 kali per minggu. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah penelitian selama 16 tahun oleh Harvard School of Public Health yang menemukan bahwa jalan kaki setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 30%.

 Periksa tekanan darah
Periksalah tekanan darah anda secara periodik agar bisa diketahui sedini mungkin kondisi kesehatan anda, apakah ada masalah kesehatan atau tidak (seperti tekanan darah tinggi atau obesitas), sehingga dokter bisa menentukan tindakan apa yang seharusnya diberikan sebelum terlambat.

 Demikian tips dari kami bahay penyakit diabetes dan cara pencegahan penyakit yang berbaha itu, silahkan mencoba agar anda terhindar dari penyakit tersebut dan selaalu jaga kesehatan anda, karena sehat itu mahal harganya.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Deni Hrdianto Deni, Published at 5:31 AM
Copyright © 2013 Kesehatan Kita | Partner Kesehatan kita And Kesehatan kita