Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Kunyit merupakan tanaman yang tergolong kelompok jahe-jahean, Kunyit atau Kunir adalah tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan di Asia tenggara dan tentu saja Indonesia. Tanaman ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kunyit juga digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan. Karena merupakan bahan alami maka tidak menimbulkan efek samping. Namun demikian, kunyit tidak hanay dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau pewarna alami makanan. Kunyit juga banyak dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Tanaman kunyit banyak di budidayakan di Indonesia, karena merupakan tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tanaman Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya Kandungan Zat : Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 % Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 - 5 % Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil ) Lemak 1 -3 %, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium) sisanya.

Kunyit selain digunakan sebagai obat-obatan tradisional juga digunakan sebagai bahan atau resep dalam makanan, untuk campuran bumbu masakan dalam makanan dan juga digunakan dalam campuran minuman.

 



Beberapa manfaaat kunyit bagi kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut:


  • Mengurangi Resiko Diabetes

Khasiat ramuan kunyit didapat dari kandungan kurkumin didalamnya dapat mengurangi resistansi insulin. Karena hal tersebut maka kandungan kadar glukosa darah dapat dikendalikan, sehingga resiko untuk terserang diabetes akan berkurang.

  • Mencegah Kanker

Kunyit mengandung kunkurim dimana zat ini merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu kandungan kurkumin juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan kanker, terutama kanker payudara, kanker usus, kanker perut, kanker paru-paru, kanker kulit.

  • Melancarkan Pencernaan

Dengan adanya kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat membantu proses pencernaan serta mengurangi gejala lambung. Namun orang memiliki penyakit kandung empedu sebaiknya tidak menggunakan kunyit suplemen karena dapat berbahaya.


  • Mencegah dan Mengobati Panas Dalam

Manfaat Kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati dan mencegah panas dalam, caranya : Ambil biji kunyit, lalu bersihkan kunyit sampai tidak tersisa lagi bekas tanah yang menempel. kulit sampai bersih, parut kunyit sampai bagian-bagian yang kecil, ambil gula merah dan potong secukupnya, campurkan keduanya bersamaan dengan menggunakan air panas, aduk dan sampai terlihat mengental, lalu parut kunit anda tadi dengan disaring dan minum selagi hangat.

  • Mengatasi gatal dan Penyakit Kulit

Khasiat kunyit juga dapat digunakan untuk mengatasi gatal dan penyakit kulit.
Caranya : Ambil 1 ruas kunyit, bersihkan lalu parut kunyit, ambil biji cengkeh lalu ditumbuk, parutan kunyit tadi anda campurkan dengan tumbukan biji cengkeh dan bunga melati. Remas-remas, lalu balurkan pada tubuh yang gatal. Dan tidak terasa sakit lagi.

Cukup banyal lagi manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh, silahkan mencoba dan semoga bermanfaat, terimakasih

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Deni Hrdianto Deni, Published at 6:10 PM
Copyright © 2013 Kesehatan Kita | Partner Kesehatan kita And Kesehatan kita