Manfaat Sayuran Brokoli

Manfaat Sayuran Brokoli

Sayuran brokoli yang biasanya kita jumpai di pasar untuk bahan masakan sayuran itu ternyata banyak manfaat dan khasiatnya, biasanya sayuran itu digunakan atau dimasak untuk sayur sop atau sayuran yang dicampurkan dalam masakan pakle. Ternyata sayuran ini mengandung  vitamin C pada brokoli jumlahnya lebih banyak daripada jeruk Kandungan kalsium brokoli juga lebih besar dibandingkan segelas susu, dan brokoli juga diketahui mengandung lebih banyak serat daripada sepotong roti gandum Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, bisa dimakan mentah, ditumis, dicampur sebagai salah satu bahan sop atau dikukus sebagai lalapan. Meningkatkan daya kerja otak Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. Brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

Cara Terbaik untuk Memasak dan Mengonsumsi Brokoli
Sebagai bahan makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau bisa juga dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Tujuannya adalah agar segala vitamin dan nutrisi penting yang ada di dalam brokoli tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan membuat sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya jadi hilang. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya jangan merebus brokoli terlalu lama, cukup dengan direbus sekitar 5 menit saja. Jangan lebih.
Para ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi brokoli sedikitnya dua kali dalam sepekan. Cukup dua kuntum brokoli, masak sebentar atau bisa juga dikonsumsi mentah sebagai bagian dari porsi sayuran.


 


Diantaranya manfaat brokoli bagi kesehatan:


    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Brokoli adalah sumber vitamin C, nutrisi penting yang membantu Menjaga sistem kekebalan tubuh.

    Menjaga Agar Penglihatan Tetap Sehat, Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dalam brokoli dapat Melindungi mata terhadap degenerasi makula dan mencegah katarak.

    Mencegah anemia. Anemia biasanya berhubungan langsung dengan kekurangan zat besi. Besi dan asam folatyang ditemukan dalam brokoli dapat membantu mencegah anemia akibat defisiensi besi.

    Membantu Meningkatkan Kehamilan Agar Tetap Sehat, Brokoli adalah sumber yang baik folat yang membantu mencegah Cacat saraf seperti spina bifida dalam janin. Semua wanita membutuhkan sumber folat selama kehamilan.

    Melindungi Terhadap Radiasi UltraViolet, Peneliti menemukan senyawa sulforaphane dalam brokoli yang membantu Mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV.

    Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis, Karena kaya akan kalsium, magnesium seng, dan fosfor, brokoli membantu memelihara kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Konsumsi brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita tua dan hamil, karena orang-orang tersebut lebih rentan terhadap osteoporosis.

    Membantu Sistem Pencernaan, ini karena brokoli mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan dan juga membantu mencegah sembelit.

    Meningkatkan Kesehatan Kulit, ini karena brokoli merupakan gudang vitamin C, beta-karoten, vitamin B kompleks. Ini semua sangat dibutuhkan untuk membuat kulit lebih bercahaya, bahkan vitamin E yang terdapat dalam brokoli sangat membantu perkembangan regenarasi jaringan kulit yang telah mati.


    Sebagai Anti Kanker. The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengkonsumsi brokoli karena mengandung fitokimia sebagai anti-kanker. Beberapa studi juga menunjukan bahwa diet kaya brokoli dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus dan juga kanker paru-paru.

    Mengurangi Resiko Penyakit Jantung, Ini karena brokoli mengandung lutein karotenoid yang dapat mencegah penebalan arteri jantung, sehingga menjauhkan kita dari resiko penyakit jantung dan stroke.

    Mencegah Racun Yang Masuk Ke Dalam Tubuh, Ini karena brokoli mengandung vitamin C dan asam amino sulfur sehingga menjadikan brokoli sebagai penawar racun yang sangat baik. Brokoli juga dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti halnya asam urat.

Diatas adalah manfaat sayuran brokoli yang bermanfaat dan berkhasiat buat kesehatan tubuh kita, cobalah anda mengkonsumsi sayuran brokoli tersebut untuk menjaga kesehatan anda. Terimakasih

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Deni Hrdianto Deni, Published at 6:41 AM
Copyright © 2013 Kesehatan Kita | Partner Kesehatan kita And Kesehatan kita