Manfaat Tanaman Jarak Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Tanaman Jarak Sebagai Obat Tradisional

Tahukah anda, tentang tanaman jarak adalah tanaman merupakan tumbuhan liar yang dapat anda temui dimanapun, Manfaat daun jarak ini ternyata dapat berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit dalam tubuh. Selain tanaman ini mudah didapatkan, daun jarak sangat aman untuk digunakan sebagai pengobatan tradisional karena tidak mengandung efek samping. Sudah banyak sekali orang yang menggunakan daun jarak ini untuk dimanfaatkan sebagai obat. Daun jarak ini sangat mudah untuk dikembangbiakan dan memiliki ukuran dengan tinggi sekitar 2 sampai 3 meter. Permukaan daun jarak ini memiliki warna hijau muda dan untuk bagian dasarnya berwarna hijau tua, Memiliki batang yang berbentuk runcing dengan tepi daun yang bergerigi. Berikut ini kami akan menyampaikan beberapa manfaat daun jarak tersebut.


Tanaman Jarak merupakan perdu tegak yang tumbuh pada ketinggian antara 0 – 800 m di atas permukaan laut, tinggi 2 – 3 m, mudah dikembang-biakkan dengan biji-bijian yang telah tua. Jarak adalah tumbuhan setahun (anual) dengan batang bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas, warna hijau bersemburat merah tengguli. Daun tunggal, tumbuh berseling, bangun daun bulat dengan diameter 10 – 40 cm, bercangap menjari 7 – 9, ujung daun runcing, tepi bergigi, warna daun di permukaan atas hijau tua permukaan bawah hijau muda . Sering kita jumpai di hutan - hutan, tetapi kita tidak tahu manfaatnya yang terdapat dalam daun jarak.

Diantaranya manfaat jarak sebagai obat tradisional adalah:



Mengatasi kelumpuhan pada otot wajah – manfaat jarak yang selanjtnya yaitu dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi kelumpuhan otot wajah. Cara mengolahnya, ambil beberapa biji jarak dan bersihkan dengan menggunakan air. Kemudian haluskan dan tempelkan pada sendi mandibular dan pada bagian lengkung mulut. Lakukan cara ini selama 10 hari dan dilakukan satu kali setiap harinya.

Untuk mengatasi pencernaan pada bayi – daun jarak juga ternyata dapat berkhasiat untuk mengatasi pencernaan pada bayi. Cara menggunakan daun jarak ini, ambil 4 lembar daun jarak dan cuci terlebih dahulu dengan menggunakan air. Kemudian tambahkan minyak kelapa pada daun jarak tersebut dan diamkan diatas api sampai hangat-hangat kuku. Kemudian tempelkan daun jarak ini pada bagian perut bayi anda maka masalah pencernaan seperti sakit perut, mencret dan sebagainya akan cepat hilang dengan sendirinya.






Mengobati luka pada kulit atau koreng – manfaat daun jarak yang pertama yaitu dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi luka atau koreng. Cara menggunakannya sangat mudah, sediakan 20 biji jarak dan buang bagian kulitnya. Setelah dbersihkan dengan menggunakan air, haluskan sampai berbentuk seperti bubur. Tambahkan garam secukupnya aduk sampai merata. Setelah tercampur rata, tempelkan cream tersebut pada bagian kulit yang terdapat luka koreng dua kali sehari agar luka cepat kering.

nahh, diatas adalah manfaat tanaman jarak sebagai obat tradisional, silahkan anda mencoba untuk membuat ramuan ini semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Deni Hrdianto Deni, Published at 6:32 PM
Copyright © 2013 Kesehatan Kita | Partner Kesehatan kita And Kesehatan kita