Khasiat Tanaman Ciplukan Untuk Kesehatan

Khasiat Tanaman Ciplukan Untuk Kesehatan

Ciplukan merupakan salah satu buah yang tumbuh liar di pekarangan atau di perkebunan atau semak-semak di sekitar rumah kita. Kadang kita tidak tau manfaat buah yang satu ini, sering kita mengabaikan manfaat atau kashiat buah ciplukan ini. Buah ciplukan ini mengandung beberapa kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah tanin, alkalolod, asam malat, fisalin, kriptoxatin, gula, vitamin C asam sitrun, C27H44o-H2o.

Kandungan kimiawai pada Ciplukan seperti chlorogenik acid, asam sitrun dan fisalin. Selain itu, buahnya juga mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, juga elaidic acid. Secara klinis senyawa kimia pada ciplukan telah diuji dilaboratorium, dan dipercaya dapat  menyembuhkan berbagai penyakit. Senyawa kimia tersebut memiliki sifat, antara lain sebagai analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoksifikasi), dan  meredakan batuk. Dalam farmakologi Cina, tumbuhan ini diyakini memiliki rasa pahit dan sifat menyejukkan.
Semua bagian dari tanaman ciplukan dapat digunakan, yaitu mulai dari akar, daun, dan buahnya.  Ciplukan ini walaupun terasa pahit jika digunakan obat oral, namun tidak mempunyai efek berbahaya atau tidak mengandung zat racun.

Kandungan yang terdapat dalam buah ciplukan:
“Hanya saja memang karena Ciplukan itu pahit rasanya, perhatikan dosis penggunaannya. Agar tidak pahit terus,” jelas dr.Setiawan Dalimartha, pakar tanaman obat yang juga praktek melayani pasien dengan metode herbal.

Menurut Setiawan, ciplukan bisa juga digunakan sebagai obat luar, yaitu bisa digunakan untuk menyembuhkan bisul, borok, dan peradangan kulit. “Tidak perlu dikeringkan. Bisa dari setelah mengalami proses direbus, didinginkan dan diborehkan langsung ke bagian yang memerlukan,” lanjut Setiawan lagi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ir. W.P.Winarto, pemilik Kebun Tanaman Obat Karya Sari di kawasan Pondok Cabe, Tangerang. Menurutnya, Ciplukan tidak beracun. Hanya memang karena rasa pahitnya, rata-rata mereka yang meminum menganggap sama dengan meminum obat modern, yang umumnya pahit.

“Memang, adalah hal yang wajar. Namanya obat pasti pahit. Tetapi, prinsipnya pengaruh dari rasa pahit itu tidak akan mengganggu fungsi kerja organ tubuh kita. Misalnya ginjal,” jelas Winarto dengan gamblang.(herbakita).

 
 


Manfaat Buah ciplukan bagi kesehatan:

Mengobati Hipertensi
Manfaat buah ciplukan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dengan cara siapkan 5 gram ciplukan kemudian direbus dengan 110 ml airdan direbus kurang lebih selama 10-15 menitsambil diaduk. Kemudian saringlah dan setelah itu diamkan agar dingin. Ramuan ini diminum 2 kali dalam sehari. Jangan terlalau lama menyimpan air rebusan ini karena akan membuat senyawa menjadi rusak.

Mengobati paru-paru
manfaat tanaman ini adalah salah satunya bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit paru-paru, cara membuatnya adalah rebus tanaman baik akar, batang, daun, bung dan buahnya. Rebus dengan menggunakan 3-5 gelas air, dan saringlah jika sudah mendidih. Kemudian minumlah ramuan ini 3 kali dalam sehari.

Mengobati Rematik
Rebuslah tanaman buah ciplukan kering 10 gram dengan air sebanyak 3 gelas air hingga yang tersisa hanya setengahnya saja. Kemudian setelah itu dinginkan dan saringlah. Minumlah untuk 3 kali setengah gelas dalam seharinya.

Dan masih banyak lagi manfaat tanaman ciplukan bagi kesehatan tubuh kita, Tanaman ini sebenarnya juga bisa dibudidayakan untuk menjadi ramuan obat herbal. Dengan manfaat dan kandunganya yang sangat berguna bagi kesehatan, tak jarang banyak orang yang membuat ramuan dengan tanaman ciplukan ini, demikain artikel dari saya semoga bermanfaat bagi anda semua, dan jaga selalau kesehatan anda semua. Terimaksaih

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Deni Hrdianto Deni, Published at 5:13 AM
Copyright © 2013 Kesehatan Kita | Partner Kesehatan kita And Kesehatan kita