Manfaat Buah Delima Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Buah Delima Untuk Kecantikan Kulit

 Selamat Siang pembaca yang budiman, kali ini saya akan menampilkan artikel kesehatan tentang manfaat buah delima yang baik untuk kesehatan kulit kita. Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5-8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerahMediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granadaberdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan danAsia Tenggara.

 Buah delima juga mengandung kandungan vitamin A, C dan E, dan asam folik yang sudah terkenal manfaatnya, berikut beberapa zat aktif yang terkandung dalam buah delima yang menjadikan buah ini sarat akan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dan kulit.


 
 Manfaat buah delima untuk kulit:
Buah delima yang merah ini juga bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kulit Anda. Didalamnya dikemas akan senyawa dan nutrisi menyehatkan, seperti zat Antioksidan, antimikroba, anti inflamasi dan antipenuaan dini. Seringkali buah delima dimasukkan kedalam berbagai macam produk perawatan kulit. Berikut manfaat buah delima bagi kesehatan dan kecantikan kulit:
 
Menjaga Kesehatan Kulit :
Kolagen adalah komponen dasar kulit,  yang menjamin kulit agar tetap lembut, halus dan kencang. Senyawa tertentu dalam buah delima akan menghentikan enzim yang menghambat kolagen, sehingga kesehatan kulit akan selalu terjaga. Hal ini juga membantu pertumbuhan fibroplasts, yaitu sel-sel yang memproduksi elastin dan serat untuk kulit agar tetap halus dan lentur. Selain itu, buah ini juga merangsang proliferasi keratinosit , sel-sel yang membentuk lapisan terluar dari kulit. Peningkatan jumlah sel-sel akan memungkinkan kulit untuk memperbaiki diri dengan lebih baik.
 
Membantu Regenerasi sel:
Kerusakan kulit seringkali yang menjadi penyebab masalah kulit seperti pigmentasi kulit dan bintik-bintik hitam terkait usia. Delima akan memberikan manfaat dalam hal ini untuk melindungi epidermis ( lapisan luar kulit ), dan memfasilitasi regenerasi sel kulit di epidermis  (lapisan kulit dalam). Delima juga membantu produksi antioksidan alami oleh tubuh, yang akhirnya akan membantu meregenerasi sel kulit. Juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu memperbaiki jaringan kulit dan penyembuhan luka .
 
Pengobatan Jerawat :
Jerawat bisa disebabkan oleh karena masalah pencernaan, atau ketidakseimbangan hormon. Delima yang merupakan sumber yang kaya vitamin C , bisa mengatur produksi sebum, yaitu zat berminyak yang disekresikan oleh kulit yang merupakan akar penyebab timbulnya jerawat. Delima juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Jika Anda mengoleskan jus delima pada daerah yang terkena jerawat, akan mencegah jerawat sekaligus bekasnya dengan menumbuhkan jaringan baru di daerah yang terkena.
 
Bermanfaat untuk Kulit Kering :
Struktur molekul delima yang kecil memungkinkannya untuk menembus kedalam kulit, sehingga efektif untuk mengobati masalah kulit kering. Delima memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit kerin , pecah-pecah dan iritasi karena mengandung asam punicic (asam lemak omega5 , yang mencegah hilangnya kelembaban).
 
Bermanfaat untuk Kulit Berminyak:
Minyak delima juga sangat bagus untuk membantu kulit berminyak, bahkan sering juga digunakan kedalam produk perawatan kulit. Hal ini bertujuan untuk kulit berjerawat, untuk memeranginya jerawat, mengurangi jaringan parut,  dan menenangkan iritasi kulit ringan.
 
Anti penuaan dini:
Delima memiliki sifat anti penuaan, sehingga bisa membantu meremajakan kulit kembali secara internal maupun eksternal. Jus buah delima bermanfaat untuk kulit yang rusak karena paparan UV sinar matahari maupun akibat proses  penuaan. Minyak biji delima akan membantu memperkuat lapisan epidermis,  yang akan mengurangi atau menunda kulit keriput. Buah delima akan memperbaiki kerusakan kulit, sehingga kulit halus dan awet muda. Juga akan memperpanjang umur fibroplasts, yaitu sel yang ikut dalam memproduksi kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin menunjang kulit agar memiliki elastisitas, sehingga tetap awet muda dan meminimalkan terjadinya keriput.
 
Perlindungan kulit dari sinar matahari :

Buah delima adalah cara bagus untuk melawan efek sinar matahari yang bersifat merusak kulit. Hal ini karena delima mengandung antioksidan yang penting untu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat radikal bebas. dengan demikian akan mencegah kanker kulit,  menghilangkan tanda kulit terbakar,  dan mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit lain akibat sinar matahari. Minyak biji delima bisa memberikan perlindungan terhadap kanker kulit, karena ia mengandung banyak asam ellagic, yaitu antioksidan polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kulit.

Mengobati luka dan Radang Kulit :

Ekstrak buah delima sama dengan salep apapun untuk mengobati peradangan kulit. Hal ini karena delima mengandung polifenol, serta senyawa lain yang memiliki sifat anti inflamasi. Biji delima juga memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka akibat goresan. Mengkonsumsi buah delima, serta menerapkan ekstrak atau minyak biji delima akan mempercepat penyembuhan kulit luka dan infeksi. Selain itu, luka yang diobati tidak meninggalkan bekas setelah sembuh.



Demikian artikel tentang manfaat buah delima untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit dan bisa mengatasi penuan dini, silahkan anda mencoba buah yang satu ini agar kulit anda lebih sehat. Terimakasihh.,.,.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Deni Hrdianto Deni, Published at 9:08 PM
Copyright © 2013 Kesehatan Kita | Partner Kesehatan kita And Kesehatan kita