Manfaaf Daun Waru Sebagai Obat Tradisional

Manfaaf Daun Waru Sebagai Obat Tradisional

Manfaat daun waru sebagai obat tradisional- Daun waru yang sering tumbuh dibelakang rumah atau pekarangan rumah kita sebagai peneduh didepan halaman, atau kadang banyak yang mengambil daun waru untuk pakan ternak  seperti kambing dan sapi. Ternyata daun waru juga bermanfaat sebagai obat tradisional.

Pada daun dan batang tanaman waru mengandung zat musilago yang sifatnya melapisi dinding saluran cerna, saluran kencing dan tenggorokan. Sementara zat emolien-nya bermanfaat sebagai antiseptik (pembasmi kuman).Selain itu, tanaman waru juga mengandung protein dan zat tanin. Tidak heran kalau nenek moyang kita menggunakan tanaman waru sebagai obat-obatan tradisional untuk kesehatan.



Gambar: Manfaat Daun Waru

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun waru:

  • Obat Demam

Ambil 100 gram daun waru, 3 jari akar tapak liman, kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum ramuan ini sediki demi sedikit.


  •  Menyuburkan Rambut

Ambil beberapa lembar daun waru lalu diremas-remas dalam segelas air. Saring air tersebut dan diamkan di luar rumah selama satu malam. Keesokan paginya cuci rambut dengan air perasan daun waru tersebut dan diamkan hingga 10 menit. Lalu keramas rambut Anda dengan air bersih seperti biasa.


  •  Pengobatan Muntah Darah.
Cuci 10 lembar daun waru segar hingga bersih.
Lalu giling sampai halus.
Tambahkan 1 cangkir air mium sambil diremas-remas.
Saring dan tambahkan air gula secukupnya.
Diminum sekaligus.

  • Obat Batuk

Ambillah 11 lembar daun waru muda kemudian diiris-iris. Setelah itu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Beri sedikit gula batu, kemudian diminum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.

  •  Melancarkan Air Seni

Ambil beberapa lembar daun waru lalu direma-remas. Tambahkan dengan sedikit adas dan pulosari. Balurkan ramuan ini di sekitar perut bagian bawah.

  •  Pengobatan Radang Amandel.
Cuci 1 genggan daun waru segar.
Rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas.
Saring dan minum.
Aturan 3-4 kali sahari masing-masing seteguk.

  •  Pengobatan TB Paru.
Potong-potong 1 genggam daun waru segar, lalu dicuci seperlunya.
Tambahkan 3 gelas air.
Rebus sampai airnya tersisa 3/4.
Setelah dingin, disaring dan tambahkan air gula secukupnya.
Diminum 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.


Nahh, diatas merupakan manfaat daun waru sebagai obat kesehatan tradisional, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, kunjungi juga artikel Kesehatankita10. Tetap jaga selalau kesehatan anda, terimakasihhh,.,

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by Deni Hrdianto Deni, Published at 9:30 PM
Copyright © 2013 Kesehatan Kita | Partner Kesehatan kita And Kesehatan kita